APA ITU CMS ( Content Management System )

Content management system atau yang biasa disebut dengan CMS adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambah dan mengubah isi dari suatu situs Web. Umumnya sebuah CMS terdiri dari dua element :
  • Aplikasi management isi ( Content Management Application ) atau biasa disebut CMA
  • Aplikasi pengirim isi ( Content Delivery Application ) atau biasa disebut CDA
Element CMA memperbolehkan si manager isi yang mungkin tidak memiki pengetahuan tentang HTML untuk mengelola pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari sebuah situs web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai webmaster. Element CDA menggunakan dan menghimpun informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh pengelola situs Web untuk meng-update atau memperbaharui situs web tersebut.

Fitur sebuah sistem CMS walau berbeda beda tetapi kebanyakan memiliki fitur publikasi berbasis Web, management format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian dan pengarsipan. Berikut contoh software CMS yang populer dan banyak digunakan orang :

  1. Joomla
  2. Drupal
  3. Wordpress
  4. VBulletin
  5. Moodle
  6. MediaWiki
Software CMS bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis situs, seperti situs web perusahaan, bisnis, komunitas, portal, galery, e-commerce, blog, e-learning dan lain lain.

Comments

Popular posts from this blog

APA ITU CMS JOOMLA

SERVER LOCAL UNTUK MENGINSTALL CMS DAN APLIKASI WEBSITE

APA ITU W3C (WORLD WIDE WEB CONSORTIUM)

JENIS JENIS WEBSITE

APA ITU JQUERY