Saturday, August 4, 2012

JENIS JENIS WEBSITE

Website dapat dibagi dalam beberapa jenis dan katagori, bisa berdasar kepada Content Management System (CMS) yang ada pada website tersebut atau bisa berdasar pada fungsi dan kegunaannya. Berikut kami rangkumkan penjelasan tentang jenis-jenis website berdasarkan Content Management System dan Fungsi serta kegunaanya.

Berdasar Content Management System (CMS)
Jenis Website yang berdasar pada Content Management System (CMS) dibagi menjadi dua katagori, yaitu :

Static Website / Website Statis
Static Website atau Website Statis adalah Website yang isi atau contentnya tidak berubah-ubah. Umumnya Website Statis tidak dapat diubah kecuali dengan cara manual, yaitu dengan mengubah bahasa pemrograman yang ada pada Website Statis tersebut. Jenis Website Statis ini biasanya ditulis langsung dalam bentuk HTML dan berbentuk sederhana, seperti Web desain klasik, desain Website dengan lima halaman atau Website dengan desain brosur jasa atau produk. 

Dynamic Website / Website Dinamis
Dynamic Website atau Website Dinamis adalah Jenis halaman Web yang disusun oleh konten dan layout yang didalamnya kaya akan informasi. Situs jenis ini biasa ditulis dengan bahasa pemorgraman dan database, seperti PHP, Javascript, MySQL, JSP dan lain lain. Dari segi pengelolaan dan pemeliharaan, jenis Website Dinamis lebih mudah dibandingkan dengan jenis Website Statis, karena jenis Website Dinamis bisa menggunakan Content Management System (CMS) untuk mengelola website tersebut.

Content Management System (CMS) yang dapat digunakan pada Website Dinamis antara lain :
  1. Joomla
  2. Drupal
  3. Wordpress
Berdasar Pada Fungsi Dan Kegunaanya
Jenis Website yang berdasar pada Fungsi dan Kegunaannya bisa dibagi menjadi beberapa katagori, yaitu :

Website Individu / Perorangan
Website Individu atau Perorangan adalah Website atau Situs yang digunakan untuk keperluan pribadi. Biasanya digunakan untuk menceritakan pengalaman pribadi, biografi, dan lain lain. Contoh untuk Website jenis Individu ini adalah Blog.

Website Komersial
Website Komersial adalah Website atau Situs yang dipergunakan dengan tujuan komersil atau bisnis. Biasanya dipakai untuk menunjukkan jasa atau produk suatu perusahaan. Bisa juga digunakan untuk bertransaksi secara online dengan menggunakan Shpping Cart. Jenis website ini bisa berupa Company Profile, Toko Online, atau yang lainnya.

Website Pemerintahan
Website Pemerintahan adalah Website yang digunakan oleh Instansi Pemerintahan yang biasanya digunakan untuk keperluan publik.

Website Non Profit 
Website Non Profit adalah website yang digunakan untuk kepentingan Non Profit, seperti yayasan, kampus, sekolah, organisasi dan lain lain.

Jenis Website lainnya adalah Web Portal, Forum, Social Bookmarking, E-Learning, Social Networking, Portofolio, Media Sharing dan masih banyak lainnya. Jenis Website ini akan terus bertambah mengikuti perkembangan teknologi dan jaman.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...