APA ITU HOSTING DAN DOMAIN

Hosting adalah space atau ruang yang digunakan untuk menyimpan data atau file sebuah situs, bisa berupa gambar, email, program, database dan lain lain. Sedangkan Domain atau DNS (Domain Name System) adalah nama unik dari sebuah situs yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer. Domain berfungsi untuk mempermudah pengguna internet pada saat melakukan akses ke server, karena aslinya jika tidak ada domain, maka anda harus menghafal IP Address jika ingin berkunjung pada sebuah situs, misalnya begini, anda ingin berkunjung pada sebuah situs, maka anda harus menulis IP Addressnya, misalnya 125.126.0.1, itu baru satu situs, bayangkan jika anda ingin mengunjungi beberapa situs, maka anda harus menghafal dan menulis IP Address pada masing masing situs yang akan anda kunjungi.

Beberapa Jenis Domain
  1. Top Level Domain (TLD), adalah akhiran dari suatu nama domain. Dalam Top Level Domain (TLD) ada dua kelompok utama, yaitu Generic Top Level Domains (GTLD) dan Country Code Top Level Domains (CCTLD). GTLD adalah level domain tertinggi yang digunakan secara umum, seperti .com, .net, .org, .info, .edu, .mil, .gov dan beberapa domain lainnya. CCTLD adalah level domain tertinggi yang didasarkan kepada kode negara, seperti .us, .id, .ru, dan masih banyak lainnya.
  2. Second Level Domain (SLD), adalah nama domain yang berada pada sebelah kiri domain TLD. Contohnya Google.com, nama Google adalah SLD, dan .com adalah TLD.
  3. Lower Level Domain, adalah nama domain yang berada pada sebelah kiri domain SLD. Lower Level Domain dapat dibagi menjadi Tird Level Domain, Fourth Level Domain, dan seterusnya.
  4. Sub Domain, adalah nama domain yang sebenarnya merupakan bagian dari nama domain TLD, seperti .blogspot.com, .wordpress.com dan lain sebagainya.
Jika anda ingin membuat sebuah website, pemilihan Hosting dan Domain juga tidak kalah penting, karena dengan pemilihan Hosting dan Domain yang benar maka anda tidak akan mengalami kekecewaan nantinya.

Referensi : jembelisme.com, gaulhost.com

cmslovers.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

APA ITU CMS JOOMLA

SERVER LOCAL UNTUK MENGINSTALL CMS DAN APLIKASI WEBSITE

JENIS JENIS WEBSITE

APA ITU W3C (WORLD WIDE WEB CONSORTIUM)

APA ITU JQUERY