APA ITU JAVASCRIPT

Menurut Supono.wordpress.com Javascript adalah bahasa pemrograman yang khusus dipergunakan untuk halaman website agar menjadi lebih hidup. Javascript terdiri dari dua suku kata yaitu Java dan Script. Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi kepada objek, sedangkan Script adalah serangkaian instruksi program. 

Menurut sumber lain yaitu id.wikipedia.org, Javascript adalah bahasa skrip yang populer di internet yang dapat bekerja disebagian besar penjelajah web, seperti Internet Eksplorer, Mozilla Firefox, Netscape, dan Opera. ( sekarang ditambah lagi Google Crome ). Kode Javascript dapat disisipkan dalam halaman web dengan menggunakan tag Script.

Dari dua penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Javascript adalah bahasa pemrograman yang dipergunakan untuk menghidupkan halaman website yang dapat bekerja di sebagian penjelajah web dengan cara menyisipkan kode Javascript kedalam halaman website dengan menggunakan tag Script.

Hal Yang Perlu Diperhatikan
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaan pemrograman JavaScript, diantaranya JavaScript adalah “case sensitive”, yang artinya JavaScript membedakan huruf besar dan huruf kecil, Jika Anda pernah belajar bahasa pemrograman seperti Turbo C atau C++, maka sama seperti bahasa pemrograman tersebut, dimana huruf T tidak sama dengan huruf t. Dalam bahasa pemrograman JavaScript juga, sebagai contoh fungsi perintah var tidak boleh ditulis Var dan juga tidak boleh ditulis VAR (huruf besar semua), yang benar adalah var (huruf kecil semua). Perintah lain adalah new Date tidak boleh ditulis new date (huruf kecil semua), dan banyak yang lainnya.


Source 1 : http://supono.wordpress.com/2006/09/05/apa-itu-javascript/#comment-2946
Source 2 : http://id.wikipedia.org/wiki/JavaScript

cmslovers.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

APA ITU CMS JOOMLA

SERVER LOCAL UNTUK MENGINSTALL CMS DAN APLIKASI WEBSITE

APA ITU W3C (WORLD WIDE WEB CONSORTIUM)

JENIS JENIS WEBSITE

APA ITU JQUERY