Pages

Friday, August 10, 2012

APA ITU CSS

Menurut sumber dari id.wikipedia.org, CSS atau Cascading Style Sheet adalah salah satu bahasa pemrograman web yang digunakan untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web. Dengan CSS diharapkan sebuah web akan lebih terstruktur dan seragam. Umumnya CSS digunakan untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML. CSS dapat digunakan untuk mengendalikan ukuran gambar, warna bagian tubuh pada teks, warna tabel, ukuran dan warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf dan teks, margin kanan, kiri, atas, bawah, dan parameter lainnya. Dengan adanya CSS, kita dapat menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda, karena CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan sebuah dokumen. 

Sifat CSS (Cascading Style Sheet)
Terdapat dua sifat dalam CSS, yaitu eksternal dan internal. Sifat eksternal adalah dimana skrip CSS dipisahkan dan diletakkan dalam berkas khusus. Cukup menggunakan tautan menuju berkas CSS jika halaman web yang didisain akan dibuat seperti model yang ada pada skrip tersebut. Sedangkan sifat internal adalah skrip langsung dimasukkan kehalaman website yang ingin didisain. Jika ingin mendisain halaman web lain tetapi dengan model yang sama, maka skrip CSS itu harus dimasukkan lagi kedalam halaman website yang akan dibuat dengan model yang sama tadi.


Versi CSS (Cascading Style Sheet)
Versi CSS sekarang ini ada tiga, yaitu CSS1, CSS2, dan CSS3. CSS1 dikembangkan berpusat pada pemformatan dokumen HTML, sedangkan CSS2 dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan terhadap format dokumen agar bisa ditampilkan pada printer. CSS3 adalah versi terbaru CSS yang mampu melakukan banyak hal dalam desain web, jika CSS2 mendukung penentuan posisi konten, downlodable, huruf font, table layout, dan media tipe untuk printer, maka CSS3 memiliki fitur yang lebih dibanding dengan CSS versi sebelumnya, yaitu dapat melakukan animasi pada sebuah halaman website, seperti animasi warna dan animasi 3D. CSS3 juga memudahkan para disainer web dalam hal mengkompatibelkan web pada smartphone dengan dukungan media query. Selain itu CSS3 juga memiliki beberapa fitur baru, yaitu multiple background, drop shadow, border images, border radius, CSS Math, dan CSS Object model.


No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...