FITUR BARU JOOMLA 2.5

Ditulis oleh Andrea Tarr pada hari Rabu tanggal 28 Desember 2011 yang menyebutkan dan menerangkan fitur baru Joomla 2.5. Banyak sekali fitur baru yang disematkan pada Joomla 2.5 dan dengan fitur baru ini, Joomla memudahkan anda, para pengelola web agar pekerjaan anda semakin mudah dan flexibel. Artikel berikut akan menjelaskan fitur baru apa saja yang ada pada Joomla 2.5.

Fungsi Pencarian

Berdasar Finder, yang dikembangkan oleh jxtended, Joomla 2.5 telah menambahkan sebuah fungsi bahasa pencari baru yang sangat menarik. Fitur ini dimasukkan auto-completion dan stemming. Stemming adalah kemampuan untuk pencarian menggunakan akar kata yang anda masukkan untuk menemukan kata yang anda cari.

Fungsi pencarian baru ini lebih cepat dan lebih flexible dibanding dengan pencarian standard. Data tersebut diindexs untuk mendapatkan flexibilitas dan kecepatan. Secara default, pencarian standard aktif dan pencarian baru dinonaktifkan sehingga untuk menggunakan Fungsi pencarian yang baru ini anda harus mengaktifkan plugin dan indexs file anda ketika ekstensi yang ingin anda cari memiliki plugin baru.

Kemampuan Mendukung Database Lain

Joomla secara tradisional berjalan pada database MySQL, tetapi sekarang telah ditulis ulang sehingga driver yang berbeda dapat ditulis untuk versi yang berbeda dari database SQL. Saat ini driver ada untuk MySQL dab MSQL database, dengan PostgreSQL, Oracle, SQLite dan PDO.

Update Pemberitahuan

Nomor satu permintaan dari ideas.joomla.org adalah Joomla menyediakan pemberitahuan ketika Joomla perlu diperbaharui dan akhirnya permintaan tersebut bisa diwujudkan pada Joomla 2.5 dimana pengelola situs atau admin dapat melihat pemberitahuan ketika mereka login dan kemudian tinggal mengeklik tombol pemberitahuan jika ada update terbaru dari Joomla maupun ekstensi lain yang digunakan.

Database Version Fix Button

Sebuah fitur baru telah ditambahkan yang akan memeriksa database anda up to date atau tidak dengan perubahan skema database yang ditambahkan selama upgrade. Anda dapat menekan tombol Fix untuk menerapkan perubahan yang dibutuhkan jika merasa database anda ketinggalan zaman. Dengan peningkatan ini anda hanya perlu pergi ke Extentions / Instalasi / Database dan tekan tombol Fix. Jika anda menggunkan fitur update di Exstentions / Instalasi / Perbarui atau menginstal upgrade di Ekstentions / Instalasi, anda tidak perlu menggunakan fitur ini.

Captcha didalam Core

Joomla 2.5 telah menggunakan CAPTCHA untuk mencegah spammer robot ke situs anda. Dilengkapi dengan aa plugin yang memberikan kemampuan untuk menggunakan reCAPTCHA yang dapt diakses dari layanan CAPTCHA. Setelah anda mendaftar secara gratis di reCAPTCHA dan memasukkan sandi, anda dapat mengaktifkan CAPTCHA pada pendaftaran pengguna baru.

Menghubungkan Menu Baru dengan Modul

Di Joomla 2.5 jika tidak ada modul yang berhubungan dengan menu, terdapat link yang menunjukkkan dalam menu manager yang dapat anda klik yang akan membawa anda langsung ke dalam modul baru yang dapat anda buat. Anda kemudian memiliki pilihan untuk menyimpan modul ini untuk menu standar atau membatalkan dan menggunakan modul menu yang berbeda. 

Gambar dan Bidang URL untuk Membuat Layouts Standar Sederhana
Dengan Joomla 2.5 anda dapat memilih untuk menggunakan gambar yang sudah ada dan menggunakan bidang URL di artikel untuk membuat tata letak standar sederhana yang bisa digunakan untuk blog, laporan berita, dan lain lain. Setelah anda mengaktifkan fitur dalam opsi artikel Mengedit Layouts, anda dapat menentukan sebuah gambar untuk pengenalan dan gambar untuk artikel penuh serta menggunakan 3 link.

Ini memudahkan pengelola content agar tidak repot saat ingin memasukan gambar yang ada didalam teks. Anda juga dapat menggunakan CSS agar tata letak lebih berwahana dan layout alternatif untuk menyesuaikan halaman anda. Fitur ini memungkinkan kostumisasi dari editor back end untuk membatasi pencipta konten dan pilihan konten editor, misalnya menghilangkan kemampuan untuk mengubah gambar atau opsi penerbitan.

Pilihan Notifikasi Email Untuk Administrator Ketika Ada Registrasi Baru
Anda dapat memilih apakah administrator mendapatkan pesan baru atau tidak ketika ada pengguna membuat acount baru.

Menu Item Catatan
Anda dapat menggunakan Menu Item Catatan untuk mengidentifikasi item menu, menjelaskan bagaimana ia digunakan dan lain sebagainya.

Custom Text Filters
Kini penyaringan teks otomatis dilakukan oleh Joomla saat pengguna memasukkan teks dan telah dipindah di Pilihan Artikel Global Configuration. Ini sangat tepat karena mencakup semua komponen dan bukan hanya artikel saja. Anda dapat membuat blacklist custom anda sendiri. Ini lebih mudah untuk mengelola blacklist karena hanya berisi tag dan atribut yang dilarang. Anda juga dapat menggunakan Kelompok Pengguna untuk memberikan akses kepada orang orang tertentu untuk menggunakan tag atau atribut dalam daftar black list hanya dengan membuat User Group.

Fleksibilitas Penyaringan Lebih Besar Bedasarkan Katagori Dalam Artikel Manager

Dengan Joomla 1.7 ketika melihat artikel anda bisa menyaring berdasar katagori. Namun anda tidak dapat memilih katagori dan mendapatkan semua artikel yang ada pada katagori dan sub katagorinya. Tetapi di Joomla 2.5 anda dapat memilih katagori dan sub katagorinya. Jika anda hanya ingin katagori tunggal, anda dapat memilih tingkat 1.

Manager Untuk Mengganti Bahasa











Dengan fitur baru ini anda dapat perubahan back end dengan mencari teks yang anda lihat dan mendapatkan daftar kunci bahasa dan teks untuk memilih. Anda kemudian dapat mengubah apa yang anda inginkan dan menyimpannya.

Catatan Pengguna
Sekarang anda dapat melampirkan catatan pengguna serta tanggal assign kepada pengguna. Tanggal manual dapat digunakan untuk apapun yang anda inginkan, untuk meninjau user, melihat tanggal terakhir user dan lain lain. Anda dapat memiliki beberapa catatan per pengguna dan catatan dapat dibagi dalam berbagai katagori.

Flexible Newsfeed Order
Fitur ini memungkinkan untuk membalik urutan dari item feed. Anda dapat memilih untuk menampilkan baik yang pertama paling baru atau yang pertama yang paling lama.

Gambar Opsi Untuk Page Offline

Saat anda mengofflinekan situs, setting bawaan Joomla adalah menampilkan logo Joomla yang besar yang jelas itu akan membuat bingung para pengunjung. Untuk memperbaikinya anda harus menyediakan file custom dalam dalam template anda, tetapi dengan fitur ini gambar tidak ditampilkan secara default dan anda dapat meng-upload / memilih photo yang akan ditampilkan pada saat anda mengofflinekan situs anda. 

Pilihan Untuk Meng-Offlinekan Situs Setelah Instalasi
Ketika anda mengistal Joomla, setelah instalasi otomatis situs akan online. Namun dengan fitur baru ini anda dapat memiliki pilihan untuk meng-offlinekan situs. Fitur baru ini berfungsi untuk mencegah orang masuk kesitus anda sebelum situs anda benar benar siap atau sebelum anda menginginkan orang masuk kesitus anda.

Kinerja Yang Lebih Baik Pada Menu Item Edit Page

Pilihan Menu Item Type tidak dimuat kecuali anda membutuhkannya.

Status Display In Backend Enhanced
Fitur baru Joomla 2.5 ini menampilkan status yang telah dikurangi untuk mencegah kepadatan. ( in English )

Filter The Frontend Who's Online By User Group

Anda dapat ( Pilihan Opsional ) membatasi tampilan pengguna yang online pada website yang ada pada kelompok pengguna.

Check For Native ZIP Support During The Installation
Fitur ini berguna untuk memberitahu anda jika anda memiliki ZIP asli pada Host. ZIP asli dianjurkan karena jauh lebih cepat daripada menggunakan PHP untuk unzip. Kecepatan lambat karena menggunakan unzip PHP akan mengakibatkan timeout saat anda menginstal ekstensi yang besar atau pada saat anda sedang update.

Syndicate Text Label More Flexible
Pada Joomla 1.7 anda bisa menentukan teks agar tampil disebelah icon sindikat, didalam Joomla 2.5 anda juga dapat memilih untuk tidak menampilkan teks atau untuk menggunakan languange pack text value.

Alternatif Meta Tags For Multi-lingual Sites
Fitur ini menambahkan kemampuan untuk mesin pencari agar melihat tag meta dan link untuk halaman menu yang sesuai dalam bahasa lain dalam item menu terkait.

Menu Items For Different Languanges Can Have Same Alias In Multi-lingual
Dengan fitur baru ini anda akan dapat memiliki alias yang sama untuk menu item dalam berbagai bahasa. You are able to get these URLs :

  • /en/news.html
  • /fr/news.html
Improving SEO : New System Plugin : Languange Code
Fitur ini memungkinkan mesin pencari untuk melihat kode bahasa dan negara yang mereka harapkan dalam kasus, dimana paket bahasa Joomla menggunakan kode yang berbeda.

Debug Plugin Gets Formatting
When developers turn on the debug function, Joomla split out various and, sometimes voluminous, amounts of unformated data. This feature formats the different groups of data into sliders and color highlights the database queries. This work in both the frontend and the backend.

A True Autoloader For The CMS
With the Joomla platform as a separate entity, the CMS needed a place to put files/classes that are universal to the CMS but not a part of the platform.  Whit this autoloader, developers don't need worry whether tha class they need is in the platform files (libraries/Joomla) or in the CMS files (libraries/CMS).

Comments

Popular posts from this blog

APA ITU CMS JOOMLA

SERVER LOCAL UNTUK MENGINSTALL CMS DAN APLIKASI WEBSITE

JENIS JENIS WEBSITE

APA ITU W3C (WORLD WIDE WEB CONSORTIUM)

APA ITU JQUERY