Pages

Wednesday, August 8, 2012

APA ITU HTML

HTML atau kepanjangan dari Hyper Text Markup Languange adalah kode atau bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website. Didalam file HTML terdapat tag atau kode-kode yang dimengerti oleh web browser agar dapat menampilkannya dalam bentuk visual atau kedalam layar monitor. Pada dasarnya HTML adalah bagaimana dua komputer bisa saling berkomunikasi atau berhubungan melalui media internet. Saat ini HTML adalah standard internet yang didefinisikan dan dikendalikan oleh World Wide Web Consortium atau biasa disingkat dengan W3C.

Sebagai standar internet diseluruh dunia, HTML memiliki sejarah yang cukup panjang dalam  perkembangannya. Berikut Versi HTML yang CMS Lovers dapatkan dari id.wikipedia.org :
  1. HTML 2.0, disetujui sebagai standar pada tanggal 22 September 1995
  2. HTML 3.2, 14 Januari 1996
  3. HTML 4.0, 18 Desember 1997
  4. HTML 4.0.1, minor fixes, 24 Desember 1999
  5. ISO/IEC 15445:2000, ISO HTML berdasar kepada HTML 4.0.1 Strict, 15 Mei 2000
  6. HTML 5, masih dalam draft pengerjaan, Januari 2008
Kegunaan dan fungsi HTML antara lain :
  1. Mengintegrasikan gambar dengan tulisan
  2. Membuat pranala
  3. Mengintegrasikan berkas suara dan rekaman gambar hidup.
  4. Membuat forum interaktif
HTML dokumen mirip dengan dokumen tulisan biasa, tetapi dalam dokumen ini sebuah tulisan bisa memuat instruksi yang ditandai dengan Tag atau kode tertentu. Contohnya begini, jika anda ingin membuat tulisan menjadi tebal, TERLIHAT TEBAL, maka penulisannya dapat dilakukan seperti ini, <b>TERLIHAT TEBAL</b>. 

Keterangan :
  • Tanda <b> digunakan untuk mengaktifkan instruksi cetak tebal.
  • Diikuti dengan tulisan yang ingin ditebalkan, seperti pada contoh yaitu TERLIHAT TEBAL.
  • Tanda </b> digunakan untuk mengakhiri dan menonaktifkan cetak tebal pada tulisan TERLIHAT TEBAL.
HTML lebih menekankan pada penggambaran komponen struktur dan formating didalam halaman website daripada menentukan penampilannya. Sedangakan penjelajah website atau web browser digunakan untuk menginterpretasikan susunan halaman ke gaya built in penjelajah web atau web browser dengan menggunakan jenis tulisan, tab, warna, garis, dan perataan teksyang dikehendaki menuju komputer yang menampilkan halaman website.

Salah satu hal penting mengenai eksistensi HTML adalah tersedianya bahasa komunikasi (Lingua Franca) antar komputer dengan kemampuan yang berbeda. Gambarannya begini, Pengguna Microsoft Windows tidak dapat melihat tampilan yang sama sebagaimana tampilan yang terlihat pada komputer berbasis Mac OS. Pengguna Mac OS juga tidak dapat melihat tampilan yang sama sebagaimana tampilan yang terlihat pada pengguna produk Sun Microsystems, tapi pengguna pengguna tersebut dapat melihat semua halaman website yang telah diformat dan berisi Grafika dan Pranala.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...